Minggu, 26 April 2015

karaoke UNIVERSALENT ( proposal bisnis )



PROPOSAL BISNIS
1.      Latar belakang usaha
Di zaman yang sangat modern ini menjadi pebisnis merupakan langkah yang banyak diambil oleh orang-orang di zaman sekarang ini mereka berfikir jika hanya menjadi karyawan mereka tidak akan pernah sukses dan maju. Namun di zaman sekarang ini memulai usaha bisnis harus mempunyai  tidak hanya modal yang besar tapi juga kreatifitas yang tinggi dalam menciptakan bisnis yang baru entah itu dari usaha jasa,produk atau yang lain lain.

Bisnis yang akan saya ajukan dalam proposal kali ini adalah bisnis hiburan. Banyak sekali bisnis hiburan di zaman sekarang ini mulai dari taman wisata ,café yang menyuguhkan hiburan seperti live music dan café yang bisa sambal bermain lalu juga ada taman wahan banyak sekali bentuk jenis bisnis hiburan.

Tempat Karaoke Keluarga adalah tempat hiburan bernyanyi minus pernik-pernik hiburan malam yang selama ini dikenal di Indonesia. Konsep ini bermaksud mengembalikan pengertian hiburan karaoke ke pengertian aslinya, yaitu hiburan bernyanyi. Hiburan karaoke ini berasal dari Jepang. Kata “Karaoke” menurut bahasa aslinya adalah sebuah singkatan dari Kara dan Oke. Kara berarti kosong sedangkan Oke berarti Orkestra. Karaoke berarti sebuah musik orkestra yang kosong atau tidak dilengkapi dengan suara vokal.
Dalam kesempatan ini saya menawarkan usaha karaoke yang berbeda dari usaha karaoke yang sudah ada dengan nama “ UNIVERSALENT” yg mempunyai kepanjangan universal talent.

2.      Manfaat usaha

Bisnis usaha di bidang hiburan merupakan bisnis yang sangat menguntungkan bagi pemilik dan lingkungan sekitar dan orang – orang pun bisa melepaskan stress mereka dengan bernyanyi di karaoke dengan konsep yang berbeda dan juga untuk menciptakan lapangan kerja bagi orang dan juga mengajak investor untuk membuka cabang karaoke ini.

2.1  manfaat ekonomis

Ø  menghasilkan keuntungan yang besar
Ø  menawarkan karaoke yang berkualitas dan menarik
Ø  menciptakan lapangan kerja bagi masyarakat sekitar

2.2  manfaat sosial

v  memudahkan orang yang ingin bernyanyi di karaoke dengan konsep yang baru
v  melatih mereka bernyanyi dengan baik jika sudah mendapatkan voucher singing lesson dari tempat karaoke kami



3.      rumusan masalah

1.      bagaimana memasarkan tempat karaoke universalent ini supaya menjadi yang paling dicari?
2.      Apa saja keunggulan dari tempat karaoke universalent ini?
3.      Bagaimana mengatasi para pesaing tempat karaoke lain?

4.    Produk

Universalent adalah tempat karaoke dengan konsep yang berbeda dari konsep biasa nya kalo biasanya karaoke hanya boleh digunakan untuk anak-anak remaja sama pai orang tua namun universalent untuk semua kalangan usia dan yang mebuat tempat karaoke ini berbeda dari yang lain adalah kami mempunya 3 fasilitas istimewa yaitu :

1.      Free singing lesson :  jika para konsumen sudah 5x bernyanyi di karaoke kami maka mereka akan mendapatkan 1 free voucher singing lesson berlaku kelipatan . singing lesson ini dilatih oleh vocal coah ternama yaitu indra azis selama 1.5 jam. Dimana mereka bisa berlatih vocal mereka menjadi lebih baik. Namun jika mereka ingin hanya berlatih saja tanpa harus menunggu untuk mendapatkan voucher kami memberikan pilihan yaitu :
o   Stereo : paket ini memberikan anda 4x pembelajaran vokal dalam waktu 1 bulan dengan biaya 1.500.00
o   Specta : paket ini memberikan andan 6x pembelajaran vokal dalam waktu 1 bulan dengan biaya 2.000.000
o   Supreme : paket ini memberikan anda 8x pembelajaran vokal dalam waktu 1 bulan dengan biaya 2.250.000
2.      Record your voice : fasilitas ini memberikan anda kesempatan untuk merekam suara anda di dapur rekaman yang kami sediakan anda bisa merekam lagu kesukaan anda dengan menyanyikan nya di studio rekaman kami.dan bisa kami berikan dalam bentuk cd jadi anda seperti mempunyai album sendiri. Pilihan paket nya sebagai berikut:
§  Alfa : para konsumen bisa merekam nyanyian mereka dengan bagus dan merdu dalam 1 lagu dengan biaya 150.000
§  Beta : para konsumen bisa merekam nyanyian mereka dengan bagus dan merdu dalam 3 lagu dengan biaya 325.000
§  Tricera : para konsumen bisa merekam nyanyian mereka dengan merdu dalam 5 lagu dengan biaya 500.000
3.      Room : dalam bisnis karaoke pasti ada beberapa ruangan yang bias digunakan dan berbagai macam tipe . berikut penjelasan nya :
ü  Uno stage : ruangan yang berisikan maksimal 4 orang dengan biaya sewa 50.000/jam dari senin- kamis jika jumat-minggu menjadi 60.000/jam
ü  Premium stage : ruangan yang berisikan maksimal 6 orang dengan biaya sewa 65.000/jam dari senin-kamis jika jumat-minggu menjadi 75.000/jam
ü  Glee club : ruangan yang berisikan 8 orang maksimal dengan biaya sewa 80.000/jam
Dari senin-kamis jika jumat-minggu  menjadi 95.000/jam
Dengan memiliki berbagai macam fasilitas yang unik dan tidak biasa dibandingkan karaoke lain “UNIVERSALENT” akan menyuguhkan sesuatu yang berbeda nyaman dan menguntungkan bagi para konsumen yang dating untuk bernyanyi di karaoke kami.

5.      Analisis SWOT

5.1  faktor internal
5.1.2 kekuatan
Ø  karaoke kami mempunyai tempat yang nyaman dan menyenangkan
Ø  mempunyai fasilitas yang sangat berbeda dari karaoke yang lain
Ø  kelengkapan fasilitas karaoke yang sangat canggih
Ø  memakai microfon yang sangat canggih sehingga membuat suara anda jernih
Ø  mempunyai fasilitas seperti record your voice dan singing lesson yang tempat karaoke lain tidak punya
5.1.3        kelemahan
v  Faktor tempat sangat mempengaruhi kelancaran suatu bisnis. Apabila tempatnya tidak strategis maka akan menjadi masalah pemasaran.

5.2      faktor eksternal
5.2.1 kekuatan
Melihat di zaman sekarang ini karaoke sudah menjadi hal yang umum dilakukan oleh masyarakat kita untuk melepas stress atau sekedar menyalurkan hobi nyanyi mereka merupakan peluang bisnis yang bagus.

5.2.2 kelemahan
Menurun nya pendapat masyarakat masih menjadi kendala karena beberapa harga karaoke masih terbilang mahal

6.      analisis pasar dan pemasaran
6.1  target pasar
target pasar  yang kami bidik adalah kalangan mahasiswa dan para pekerja kantoran.
6.2  pesaing
pesaing yang kami hindari adalah karaoke-karaoke yang sudah ada saat ini mereka sudah mempunyai nama dan kadang memberi harga yang murah.
6.3  sasaran pembeli
sasaran pembeli yang kami bidik adalah kalangan menengah  keatas.



7.      Strategi pemasaran
7.1  Strategi pemasaran saya adalah menggunakan media online. Seperti pada saat ini saya  hanya menggunakan Facebook, Line, whatsApp, Path, BBM, dan Instagram. Karena masyarakat zaman sekarang sudah banyak yang mengenalm internet dan belanja online sehingga masyarakat dapat mengetahui usaha kita. Jangkauan iklan pun menjadi lebih luas dan lebih banyak pembeli.

7.2  Promosi ini merupakan promosi yang paling sederhana, serta tidak memerlukan banyak biaya untuk melakukan promosi ini. Cukup dengan bercerita dengan teman-teman kampus kita atau keluarga dan saudara untuk mempromosikan usaha kita, sehingga secara tidak langsung semua konsumen/masyarakat akan mengetahui usaha kita. 

8.      Langkah – langkah promosi

8.1  pada saat grand opening kami akan membagikan 5 voucher potongan 50% kepada followers kami di Instagram dengan cara mereka memposting 15detik nyanyian mereka 5 orang dengan suara paling bagus dan unik akan kami berikan.
8.2  Setiap hari senin dan kamis akan ada potongan harga  khusus pelajar sebesar 20% dengan minimal sewa ruangan 2 jam
8.3  Akan ada free open class singing lesson selama 2 jam untuk 10 orang beruntung dengan cara kirim rekaman nyanyian kamu ke twitter kamis yang sudah kamu unggah di soundcloud pribadi kalian dengan durasi 1 menit dan tanpa instrument.
8.4  Setiap hari selasa dan minggu aka nada free record your voice setiap sewa ruangan glee club minimal 3 jam untuk 1 orang dan 2 lagu yang direkam.

9.      Analisis operasional

9.1  Sumber modal
modal :
modal sendiri 500.000.000
investor : 800.000.000
investor 2 : 850.000.000

9.2  tempat
sewa tempat 150.000.000
peralatan di tempat : 450.000.000

9.3  peralatan
peralatan karaoke : 500.000.000
studio rekaman : 300.000.000

Usaha karaoke “ UNIVERSALENT “ ini merupakan usaha yang dirintis oleh saya sendiri kemudian berencana mengembangkannya dengan mencari investor menggunakan modal awal dengan pinjaman dari bank, saya harap usaha ini akan berkembang dan menjadi inovasi baru di dunia karaoke

                       

Tidak ada komentar:

Posting Komentar